Boiler Vertikal 1500 Kg

JUAL STEAM BOILER 1.500 KG

Steam boiler 1500 kg/jam yaitu suatu alat mesin yang bekerja untuk mengubah air menjadi uap steam. Proses perubahan air menjadi uap dilakukan dengan memanaskan air yang berada didalam pipa-pipa dengan panas hasil pembakaran bahan bakar. Proses pembakaran dilakukan secara continue didalam ruang bakar dengan mengalirkan bahan bakar dan udara dari luar. Uap steam yang dihasilkan adalah uap superheat dengan tekanan dan temperatur yang tinggi. Jumlah produksi uap tergantung pada luas permukaan pemindah panas, laju aliran, dan panas pembakaran yang diberikan. Boiler yang konstruksinya terdiri dari pipa-pipa berisi air disebut water tube boiler (boiler pipa air).

Proses Terjadinya Steam Uap Pada Boiler

Uap air adalah sejenis fluida yang merupakan fase gas dari air, bila mengalami pemanasan sampai temperatur didih di bawah tekanan tertentu. Uap air tidak berwarna, bahkan tidak terlihat bila dalam keadaan murni kering. Uap air pertama sekali dipakai sebagai fluida kerja oleh James Watt yang terkenal sebagai penemu Mesin Uap boiler. Uap air tidak mengikuti hukum-hukum gas sempurna, sampai dia benar-benar kering (kadar uap 100%). Bila uap kering dipanaskan lebih lanjut maka dia menjadi uap adipanas (panas lanjut) dan selanjutnya dapat dianggap sebagai gas sempurna.

Proses pembentukan uap air bila di atas sekeping logam terdapat beberapa tetes air dan kita perhatikan molekul-molekul air tersebut, Molekul-molekul air tersebut bergerak bebas kesana kemari dalam lingkungan (dalam lingkungan air) dengan kecepatan gerak Vo meter/detik. Molekul-molekul tersebut dalam gerakannya kesana kemari tidak akan dapat meninggalkan lingkungannya, yaitu lingkungan air karena adanya gaya tarik menarik antara molekul-molekul air itu sendiri.

Steam Boiler 1.5 ton

Spesifikasi Boiler 1500 Kg

Adapun spesifikasi data teknis steam boiler kapasitas 1.5 ton/jam model desain water tube vertikal dan bahan bakar natural gas sebagai berikut :

Kapasitas                                : 1500 kg/jam (960.000 Kcal)
Merk                                        : IDM1500
Efisiensi                                  : 93% With Economizer
Water Content                       : 160 liter/5 minute
Type                                        : WATER TUBE VERTICAL
Tekanan Kerja Maksimum :10 Kg/cm2
Bahan Bakar                           : Gas, LPG, Natural Gas
Konsumsi bahan bakar        : 50-130 kg/h
Total Power listrik                : 4 kw

Kapasitas UapKg/h1500
Tekanan kerjaKg/cm210
Test PresureBar15
Kapasitas ThermalkW960
Pipa bakar Grade SA 192/P235 GH bersertifikatmmØ 60.3” x 3,2
Total Power Sourcekw4
Diametermm1500
Tinggimm2600
Diameter Gas outlet / Cerobongmm380
Diameter outlet uapDN50
Diameter inlet air umpanDN25
Transport Weight / Operating Weightkg2200

Mengetahui Efesiensi Boiler

Efisiensi adalah suatu tingkatan kemempuamn kerja dari suatu alat.Sedangkan efisiensi pada ketel uap atau ketel uap yang didapatkan dari perbandingan antara energi yang dipindahkan atau diserap oleh fluida kerja didalam ketel dengan masukan energi kimia dari bahan bakar, Energi yang didapat dari fluida kerja (air dan steam) dibandingkan dengan energi yang terkandung dalam bahan bakar ketel uap. Metode ini dikenal juga sebagai metode , input-output’ karena kenyataan bahwa metode ini hanya memerlukan keluaran /output (steam) dan panas masuk / input (bahan bakar) untuk evaluasi efisiensi. adapun 6 paramter yang perlu kita ambil datanya untuk mengetahui efesiensi boiler yaitu .

1 Tekanan uap dari superheater (bar);
2 Temperatur feed water daerator tank (°C);
3 Temperatur steam outlet (°C);
4 Jumlah uap yang dihasilkan (ton uap/jam);
5 Konsumsi bahan bakar (ton BB/jam);
6 Tempertur di cerobong boiler

Kesimpulan Boiler IDM

Steam Boiler 1500 KG

Steam boiler yaitu bejana tertutup yang menyediakan energi panas pembakaran untuk ditransfer ke air sampai terbentuk air panas atau steam. Air panas atau steam di bawah tekanan kemudian dapat digunakan untuk mentransfer panas ke suatu proses. Dalam Proses konversi energi, boiler memiliki fungsi untuk mengkonversi bahan kimia yang tersimpan energi bahan bakar menjadi energi panas yang ditransfer ke fluida kerja. Salah satu boiler yang digunakan di Lokasi pabrik PT. Aksha Wira International TBK adalah boiler tabung air yang didorong dengan pembakaran boiler 1500 kg bahan bakar solar untuk membantu kerja pabrik sebagai pemanas tangki mixer yang tersedia.

boiler beroperasi pada tekanan 6 bar dengan produksi uap 1.5 ton per jam dan suhu 90 ° C. Jumlah panas yang dibutuhkan untuk menghasilkan uap 960 Kw. efisiensi termal boiler adalah 93% + Economizcer. Steam ini didapat dari mesin boiler. Yang setiap jamnya, untuk produksi steam harus dikontrol secara otomatis ataupun manual. Oleh karena itu guna pengontrolan pada mesin boiler, dibutuhkan beberapa sistem kontrol. Salah satunya Thermocouple PT100 yang memanfaatkan Differential Preassure Transmitter, serta Pengontrolan Temperature ruang bakar yang menggunakan sensor termocouple, dalam hal ini digunakan termocouple tipe K yang sangat baik dalam pemanasan sebagai sensor membaca temperature .

Sekian artikel pemabahasasn menegani steam boiler 1500 kg dan cara mengetahui efesiensi suatu boiler yang anda gunakan, semoga artikel ini bisa membantu anda untuk mengetahui efesiensi boiler dan jenis boiler yang tepat, untuk info lebih lanjut terkait steam boiler bisa hubungi marketing kami di bawah ini :

PT INDIRA DWI MITRA

JL. Kali Baru Kawasan Pergudangan Laksana Business Park, Blok F 09, Kec. Pakuhaji, Kab. Tangerang, Banten- 15570
Phone : 081385776935
Fax :(021) 5937 1687
E-Mail : idmarifin2@gmail.com

JAM BUKA KERJA
Informasi Kantor
Senin-Jumaat : 08:00 -17:00 WIB
Informasi Personal
Senin-Minggu : 06:00 -22:00 WIB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hallo...
Trimakasih telah munghubungi kami.
Beri tahu apa yang bisa kami bantu.?